Tips Memilih Daster, Jangan Salah Pilih

  • Whatsapp
Tips Memilih Daster Murah

Tips memilih daster ini berdasarkan pengalaman pribadi. Ada dua hal yang perlu diperhatikan, kenyamanan bahan yang digunakan, terus motifnya. Soal harga daster, kalau bisa bagus dan murah. Pernah nemu harga daster murah dengan kualitas bagus gak sih?

Kalau kita rajin dan sabar, sebenarnya banyak kok harga daster murah dengan kualitas baik. Urusan merek daster, itu belakangan. Mau merek daster berkualitas atau terbaik, kalau aku sih lebih melihat fungsionalitasnya dulu.

Read More

Fungsionalitas Daster

Daster cenderung digunakan di rumah, beda dengan busana pesta. Ada dua hal perbedaan mendasar tuh. Khusus di rumah dan di luar rumah. Untuk fashion di dalam rumah seperti daster yang aku tulis ini, kita tidak perlu cerewet harus tampil cantik (memantaskan penampilan), glowing, dan segala macam.

Jadi fokusnya adalah memilih daster yang wajib nyaman dikenakan alias jenis kain yang digunakan nyaman di kulit, dan motifnya bagus. Sudah cukup. Kalau pendapat ini gak berkenan, maaf ya!

Tips Memilih Daster Berdasarkan Bahan

Di luar sana banyak bahan kain yang digunakan untuk pembuatan daster, pakaian ramah perempuan (hehehe). Ada daster berbahan kain rayon (santung), katun, kaos. jersey, sutera atau spandex. Tak ada salahnya kamu tahu kelebihan dan kekurangan masing bahan-bahan kain tersebut agar tidak salah pilih ketika membeli daster tercinta. Yuk kita bahas tapi sepengetahuan aku aja ya!

Daster Kain Rayon (Santung)

Kain rayon atau sering disebut kain santung ini cenderung berkilau dan tidak mudah kusut karena berbahan dasar polimer organik. Kain ini  memiliki kemampuan daya serap keringat yang baik. Memiliki variasi warna dan motif menarik. Kalau tersentuh kulit, kainnya pun terasa lembut.

Kekurangan daster berbahan kain rayon adalah bahannya kurang kuat (mudah robek), tipis dan mudah kusut.

Daster Kain Katun

Kain katun umumnya untuk pembuatan kemeja, kaos atau blouse. Namun ada juga daster diolah menggunakan bahan kain katun. Bahan katun sangat nyaman dikenakan. Tekstur kainnya halus dan kuat. Selain itu juga menyerap keringat dengan baik.

Bahan dasar dari kain katun ini adalah serat kapas. Meski lebih unggul, jika kamu ingin membeli daster, sebaiknya pilihlah jenis kain katun dengan grade yang baik agar tidak mudah kusut dan luntur.

Daster Kain Jersey

Ingat jersey jadi ingat kaos bola. Santai…hehehe, sebenarnya di luar sana ada juga kok daster yang menggunakan jenis kain jersey.  Tapi kamu tahu sendirikan gimana penampilan kaos bola? Mengkilat dan licin. Kalau kamu suka gak jadi masalah, karena jenis kain ini cenderung lembut dan dingin saat dikenakan.

Daster Kain Spandex

Lebih tipis dari kain katun dan elastis. Bahan spandex memang banyak juga digunakan untuk membuat daster karena kemampuannya dalam menyerap keringat. Kekurangan kain spandex adalah mudah melar jika sering dikenakan.

Daster Kain Sutera

Daster kain berbahan sutera bisa dibilang daster berkelas dan bahannya bagus karena terbuat dari serat ulat sutera. Kalau kamu mengenakan daster jenis ini, wajib ekstra hati-hati memperlakukannya. Khususnya ketika mencuci dan menyetrika daster berbahan kain sutera karena tipis dan mudah robek.

Standar Harga Daster

Sebenarnya masih banyak jenis kain lainnya, namun jarang digunakan untuk diolah menjadi daster.  Nah, jenis kain-kain di atas tentunya berpengaruh dengan harga dong. Sebenarnya faktor penentu harga bukan karena jenis kainnya saja, tapi juga motif dan modelnya. Secara ekternal, tergantung penjualnya juga sih. Kalau dia sewa toko mahal, daster harga murah bisa ikut mahal, hehehe.

Meski demikian, karena daster adalah jenis fashion yang melekat kepada perempuan (tua dan muda), soal harga sudah akrab di telinga. Sebut saja, daster mulai harga Rp.40 ribuan sampai Rp.100 ribuan. Ingat, ini pandangan pribadi aku.

Tadi sudah disampaikan, bahannya nyaman dan harganya murah. Jadi menurutku, rentang harga di atas sudah termasuk standar harga daster khusus untuk keseharian di rumah. Kalau ada yang jual lebih murah dari Rp.40.000,- liat dulu jenis bahan yang digunakan. Kalau cocok, why not..!

Jadi tips memilih dasternya adalah, kenali dulu jenis kainnya, kemudian pastikan sesuai dengan harganya. Selebihnya, baru mempertimbangkan motif dan modelnya karena saat ini daster pun juga berkembang, gak hanya untuk kaum ibu-ibu saja.

Banyak tuh model daster kekinian yang khusus di desain untuk remaja milenial. Pasti juga berpengaruh kepada harga. Meski demikian, kembali lagi kepada jenis bahan, itu yang terpenting.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *