Tips Memulai Usaha dari Kecil

  • Whatsapp
Tips Memulai Usaha dari Kecil

TIPS MEMBUKA USAHA amat sangat diperlukan di tengah situasi kita yang dilanda wabah pandemi Covid-19 ini, sebab sebagaimana kita ketahui, semua perusahaan sejak awal tahun lalu terus saja berhemat dengan banyak cara: salah satunya adalah dengan mengurangi gajih karyawan dan bahkan memangkas karyawan itu sendiri.

Meski kemudian kabar bahagia berupa datangnya vaksin yang mendarat di belakangan hari, tapi itu tak bisa seratus persen menjamin bagaimana hari kita besok; apakah dunia akan kembali seperti semula atau tidak?

Read More

Di tengah situasi kacau balau itu, kita diperlihatkan akan kenyataan bahwa salah satu cara terbaik untuk memenuhi kebutuhan hidup adalah dengan tidak selamanya bergantung pada usaha orang lain. Tidak salah, memang. Tapi bergantung pada usaha orang lain, adalah sama halnya dengan menggantungkan takdir kita di tangan mereka, dan sebab itu mereka berhak jika suatu waktu mendepak kita dari usaha mereka dengan alasan-alasan tertentu. Covid, misalnya.

Lantas bagaimana untuk bisa berdikari alias berdiri di kaki sendiri dalam menunjang kebutuhan hidup? Salah satu jawaban dari pertanyaan itu adalah dengan membuka usaha kecil agar dapur tetap bisa mengepul.

Atas alasan itu, berikut kami berikan tips-tips untuk memulai usahamu sendiri;

 

PASTIKAN IDE USAHAMU

Pertama yang harus dilakukan dalam memulai usaha tentu saja adalah ide. Jangan sampai kamu menghabiskan waktu memulai usaha yang sama sekali tidak kamu kuasai. Gali idemu, cari apa yang kamu pahami dan kemudian wujudkan ide tersebut.

Boleh dibilang, memastikan ide sama dengan memastikan kesanggupan dirimu dalam membuka usaha. Jangan sampai membuka usaha dengan tergesa tanpa persiapan di tahap awal ini secara matang.

 

RISET SEBELUM MEMULAI

Setelah kamu memiliki ide, cara kedua yang harus kamu lakukan adalah dengan meriset ide tersebut sebelum usaha kamu benar-benar dimulai.

Tahap kedua ini penting agar langkahmu dalam membuka usaha tidak gagap dan sembarang.

Riset di sini berarti kamu mencari tahu tentang kebutuhan konsumen, siapa pesaing kami, perhatikan harga barang dengan pertimbangan biaya yang dikeluarkan serta keuntungan yang ingin kamu dapat.

 

TERIMA SEGALA MASUKAN

Dalam banyak hal, mendenagr adalah kunci. Begitu juga untuk sukses dalam menjalankan sebuah usaha.

Dengarkan saran dari senior bisnis, dari siapapun yang memahami dunia itu lebih dulu. Dengan mendengarkan kamu memiliki pengetahuan baru dan kembangkan secara terperinci.

Dengarkan juga pendapat dari teman, saudara, dan orang-orang terdekat kamu. Mereka adalah cerminan bagaimana reaksi konsumen akan produk yang kelak kamu buat.

 

RENCANA USAHA

Perencanaan menjadi hal penting berikutnya yang harus kamu perhatikan sebelum membuka usaha.

Banyak orang sering kali gagal dalam membuka usaha karena tidak punya perencanaan yang matang sejak awal.

Baiknya, rencana itu tidak semata kamu simpan dalam kepala saja, tapi tulislah biar tidak hilang.

Rencana ini akan membantumu mendapatkan keuntungan dalam berbisnis, memahami kebutuhan uang, dan memberi kamu peta untuk menghidupkan bisnis.

 

BUATLAH HAL YANG SEDERHANA

Sebagai pemula kamu tak harus untuk memulai sesuatu yang besar. Daripada membuat bisnis besar yang menuntut banyak modal, mulailah usaha dari kecil untuk mencegah kegagalan bisnis yang besar.

 

BERTAHAP

Kamu harus memahami bahwa semua usaha memerlukan waktu untuk bisa stabil. Untuk bisa ke tahap itu, dibutuhkan banyak pengorbanan yang bertahap.

 

PERCAYA DIRI

Percaya diri adalah kunci penting dari semua tips sebelumnya. Sebab percuma kamu memiliki modal, ide, dan produk jika kamu sendiri tak percaya diri.

Cara memulai usaha dari kecil yang terakhir adalah dengan meyakinkan diri sendiri. Percaya diri dengan bisnis buatan kamu agar dapat lebih meyakinkan konsumen untuk menggunakan produk yang kamu buat. Hilangkan rasa khawatir dalam diri kamu dan mulailah untuk membicarakan usaha yang telah kamu mulai di depan umum. (rg/ras)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *