Tips Menata Ruang Kerja Agar Lebih Produktif

  • Whatsapp

DINAMISASI dan persaingan yang semakin ketat membuat kehidupan kita seringkali tidak bisa terlepas dari kesibukan pekerjaan. Tak jarang kita harus membawa pulang pekerjaan ke rumah, atau bahkan kita memang bekerja di rumah dan membutuhkan ruang kerja di kediaman kita.

Ruang kerja bisa berbentuk privat maupun semi privat. Sebab, di ruang kerja, kita bisa bekerja sendiri dengan nyaman, menerima tamu dengan baik, dan tetap bisa bercengkerama dengan anggota keluarga lainnya.

Read More

Lalu bagaimanakah cara agar ruang kerja di rumah minimalis kamu jadi menarik?

Berikut beberapa cara yang dapat membantu kamu mendapatkan berbagai ide untuk ruang kerja yang nyaman;

Namun, sebelum menata ruang kerja, ada baiknya kamu memiliki pekerjaan. (Yaiyalah, kalo pengangguran masa bikin ruang kerja. Kan lucu yak~)

Oke, gak lucu. Maap. Terusin aja deh…

Tentukan Area Kerja

Untuk meningkatkan produktivitas, tatalah ruang kerja dan area sekitarnya dengan menentukan “area” kerja bagi beragam tugas.

Seperti area kerja utama yang kemungkinan besar berupa meja kerja, perangkat komputer dan peralatan kantor lainnya.

Kemudian area  referensi berupa lemari, rak buku, dan dokumen-dokumen lainnya yang tidak harus digunakan terlalu sering.

 

Penempatan Komputer

Dalam  bekerja, terutama bagi orang yang sering behadapan langsung dengan komputer, seringkali membuat leher terasa sakit karena posisi komputer yang lebih rendah dari mata ketika duduk.

Untuk mengatasi itu, cobalah untuk meninggikan tempat laptop atau komputer sampai sejajar dengan mata. Layar laptop atau komputer juga sebaiknya diatur agar sedikit miring ke belakang sekitar 10-15 derajat, sehingga mata tidak terlalu lelah untuk menatap layar laptop.

 

Tambahkan Tanaman Hidup

Tanaman adalah pilihan yang relatif murah dan dapat memberikan perasaan segar pada kantor yang terasa kaku. Tanaman dalam pot kecil juga mudah dipindahkan sehingga penempatannya dapat disesuaikan secara optimal dengan kebutuhan kamu. Padahal, sekalipun berukuran kecil, pengaruh tanaman cukup besar untuk menyekat ruangan, asalkan kamu tidak lupa menyiram dan merawatnya. Tanaman juga dapat menjernihkan pikiran dan meningkatkan produktivias kerja.

 

 Rapikan Segala Sesuatu

Meja kerja kita sangat mudah berubah menjadi jalur-jalur kabel, apakah itu untuk komputer, charger ponsel, ataupun penghubung ke layar LCD. Walaupun kabel-kabel ini sangat penting bagi tugas kamu, pertimbangkan cara berbiaya murah untuk mengatur dan menyingkirkannya dari hadapan kamu.

Klip kabel adalah alat dengan harga yang sangat terjangkau untuk menata rapi kabel sekaligus menjauhkannya dari pandangan. Klip ini memiliki fungsi dan desain yang cerdas sehingga juga turut dapat mempercantik ruang kerja sekaligus menampilkan kecerdasan dan kemampuan penataan kamu yang begitu teliti.

 

Buat Nyaman Tempat Duduk Kamu

Kursi kerja adalah hal penting untuk kenyamanan kamu di kantor, karena di kursi kerja itulah kamu paling banyak mengurusi berbagai macam pekerjaan. Oleh karena itu, modifikasi tempat duduk menjadi tempat duduk ternyaman yang mendukung suasana kerja.

Cobalah menambahkan bantal kursi di bangku, sehingga kamu lebih nyaman dan dapat bersender lebih mudah. Kamu juga bisa menambahkan selimut bulu pada permukaan kursi sehingga bagian bokong tidak terlalu pegal akibat dudukan yang keras.

Jika memungkinkan, kamu bisa mengganti kursi kerja dengan kursi baru  yang lebih nyaman.

 

Pasang Wallpaper

Langkah selanjutnya  untuk memperindah ruang kerja kamu adalah dengan memasang wallpaper bergambar pada dinding ruangan sesuai yang kamu kehendaki.

Mengatur Pencahayaan

Pencahayaan pada sebuah ruangan tentu saja punya pengaruh terhadap mood  seseorang. Terlebih kalau ruang itu di khusukan sebagai ruang kerja. Pengerangan yang redup biasanya bikin kita ngantuk. Pencahayaan yang kita butuhkan tentunya yang sesuai dengan aktivitas dan kebutuhan kita.

 

Sudah, ya, itu saja dulu tips menata ruang kerja kali ini. Semoga ruang kerja kamu lebih oke dan bisa membuat kamu lebih produktif dalam bekerja~

Ali Muhammad

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 comment