Wow, Asal Mula Kroket Ternyata Dari Prancis

  • Whatsapp
Wow, Asal Mula Kroket Ternyata Dari Prancis

Setidaknya satu kali dalam hidup, kamu pasti pernah mencicipi kroket–jajanan khas Indonesia yang terbuat dari kentang dihaluskan dan diisi dengan sayuran seperti wortel atau buncis. Iyakan? Pernah dongg…

Kamu tau gak sih, kroket yang sangat merakyat itu ternyata camilan yang resep aslinya berasal dari Prancis, loh.

Read More

Kok bisa ya dia datang ke pasar tradisional kita yang jauh banget dari kampung halamannya itu.

Katanya, nama asli jajanan pasar itu adalah ‘croguette’, oleh orang Indonesia disebutlah namanya kroket.

Emang rada mirip sih, ya.

Awalnya camilan ini dimasak oleh koki istana Prancis dan menjadi makanan kesukaan Raja Prancis, yaitu Louis XIV, sekitar tahun 1691.

Lambat laun, croguette mulai dikenal hingga dibawa ke Belanda dan Inggris pada abad ke-18.

Ketika Belanda menjajah Indonesia, di situlah awal mula kedatangan camilan super enak ini ke negara kita dan berubah nama menjadi lebih memasyarakat: kroket.

Resep aslinya kroket dibuat dari ragout, yakni adonan tepung terigu, susu dan daging ayam atau sapi. Setelah adonan dingin, baru dibentuk menjadi silinder, bulat telur atau oval. Setelah itu baru dilumuri tepung dan dibalut tepung panir.

Kalau sudah seperti itu, baru deh digoreng.

Kroket tidak hanya datang ke Indonesia, loh. Ia juga sudah menyebar ke berbagai negara lain, seperti Spanyol, Brasil, Amerika Serikat, sampai Jepang.

Terkenal banget ya camilan yang satu ini. Gak salah juga sih, rasanya yang enak dan mudah dibuat menjadikannya sedemikian terkenal. Selain itu, di berbagai negara, kroket dibuat dengan bahan yang bermacam-macam mengikuti selera masyarakat negara tempatnya tinggal. Jadi, selain enak dan mudah dibuat, kroket ternyata sangat humble dan mudah bergaul ya.

Uwu banget, kan? Jadi pengen makan kroket deh :

Kroket Telo Majijo

O, iya. Sudah pernah nyicip kroket telo majijo belum? Mimin punya teman spesial pembuat kroket enak dan lezat. Dijamin maknyus rasanya. Bagi kamu yang penasaran dan ingin pesan kroket, coba deh tanya-tanya dulu via WhatsApp di 081250713484.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *